Thursday, June 25, 2015

Preview Game LINE Dragonica Mobile

Frizmedia.com - Setelah beberapa minggu lalu mengadakan pre-register melalui situs resminya, tim Dragonica Mobile kawasan Indonesia bermurah hati memberikan saya kesempatan untuk mencoba game tersebut sebelum diluncurkan secara massal ke publik. Dragonica Mobilesendiri adalah adaptasi dari game dengan judul serupa yang telah dirlis di PC terlebih dahulu. Saya tertarik untuk mencoba versi mobile dari RPG yang pernah saya mainkan di komputer beberapa tahun silam.



Server yang saya mainkan memang masih sebatas closed beta, sehingga masih banyak terjemahan yang tidak tepat serta fitur-fitur yang belum terbuka. Namun, gameplay inti secara garis besar sudah bisa saya nikmati. Yuk terus ikuti artikel ini supaya rasa penasaran kamu tidak semakin berlebihan dan kamu juga bisa mendapat gambaran secara singkat mengenai game yang entah kapan akan diluncurkan secara resmi ini.


Kesan pertama yang saya dapatkan adalah sangat terkejut karena grafis yang diberikan sangat menyerupai dengan grafis di versi PC, seperti pada desain hero, NPC, kota, bahkan antarmukanya. Ketajaman grafisnya sendiri memang tidak menyerupai pengaturan grafishigh pada PC yang dipenuhi dengan efek-efek shadow dan glow, namun setara dengan pengaturan grafis medium. Tidak hanya grafis, musik dan efek suara yang disajikan pun sama persis dengan Dragonica versi PC.

Terdapat enam pekerjaan karakter yang bisa kamu mainkan di Dragonica Mobile, yaitu Knight, Gladiator, Wizard, Warlock, Thief, dan Assassin. Pada kesempatan kali ini, saya mencoba menggunakan Thief yang merupakan job favorit saya ketika bermain Dragonicaversi PC.

Lanjut ke bagian pertarungan, kamu dapat melakukan dua jenis serangan, yaitu serangan biasa dan serangan kuat. Serangan biasa memiliki kecepatan serang cepat namun dengandamage standar, sedangkan serangan kuat memiliki damage ekstra besar namun dengan kecepatan serangan yang lambat. Adaptasi kontrol pertarungan yang dilakukan diDragonica Mobile menghilangkan gerakan favorit saya di PC, yaitu melontarkan musuh ke udara, serta gerakan melompat.



Terdapat pula sistem combo yang jika dilakukan dengan benar akan memberikan damageberlipat ganda kepada musuh. Kamu harus mengombinasikan serangan biasa dengan serangan kuat secara benar dengan timing yang tepat untuk dapat melancarkan combotersebut. Saya pribadi sangat sering menggunakan combo tersebut karena mengandalkan serangan biasa tidak akan mampu melibas musuh dalam waktu yang cepat. Gamemenyediakan petunjuk bagaimana cara melakukan combo yang jumlahnya semakin banyak seiring dengan bertambahnya level karakter kamu.

Hal mirip dengan versi PC lain adalah sistem penempaan equipment. Untuk menempaequipment, kamu harus mengorbankan beberapa equipment “sampah” untuk dilebur. Hasil peleburan tersebut akan memberikan poin kepada equipment yang ingin kamu tempa. Jika poin tempa sudah mencapai target maka barulah equipment tersebut naik level.



Kota tempat kamu bersosialisasi dengan pemain lain tidak seluas pada versi PC. Kamu hanya bisa berkeliling di suatu alun-alun kota yang berukuran sempit. Jika kamu ingin bertualang menjalankan misi, kamu harus melakukan tap pada tombol Battle di kanan bawah layar.

Misi dibagi dalam dua tingkat kesulitan yaitu normal dan hard. Misi normal memerlukan lima energi sedangkan misi hard memerlukan sepuluh energi. Maksimal energi yang kamu punya adalah seratus buah. Satu buah energi memerlukan waktu pengisian kembali selama delapan menit. Dengan begitu, kamu membutuhkan waktu delapan ratus menit atau tiga belas jam agar energi kamu yang awalnya nol bisa menjadi penuh.

Ketika ingin menjalankan misi, kamu bisa memilih satu dari teman-temanmu untuk membantu kamu. Teman yang kamu pilih akan ikut masuk ke dalam area misi dan kemudian berjalan sendiri dikendalikan komputer. Belum ada opsi untuk melakukanparty bersama dengan sesama manusia dalam satu misi secara real-time. Hal ini membuat saya sempat sedikit kecewa karena tidak bisa bermain bersama-sama.

Sama halnya dengan ketika berada dalam misi, di mode PvP pun kamu hanya bisa melawan karakter pemain lain secara tidak real-time alias asynchronous. Selain mengajukan tantangan, kamu juga bisa ditantang oleh pemain lain. Jika kamu sering memperoleh kemenangan maka kamu bisa berpindah ke liga yang lebih tinggi, di mana bonus kemenangan PvP pun juga semakin besar. Sistem liganya bisa dibilang sangat mirip denganleaderboards di Clash of Clans.




Sejauh ini, versi Dragonica Mobile bagi saya sudah cukup mampu membangkitkan perasaan nostalgia terhadap Dragonica versi PC. Dragonica Mobile cukup menyenangkan ditilik dari sisi gameplay dan grafisnya. Untuk urusan IAP, saya masih belum bisa berkomentar sama sekali sebab saya mendapatkan bonus diamond (mata uang di dalam game) berjumlah puluhan ribu ketika memainkan versi beta ini. Semua harga yang tertera di IAP pun tentunya belum harga final. Walaupun begitu, saya menjadi semakin tidak sabar untuk memainkan versi penuh Dragonica Mobile dan menikmati semua fitur yang belum terbuka pada saat ini ketika resmi dirilis nanti.

Back To Top