Wednesday, January 21, 2015

Tizen OS

Frizmedia.com - Hai kawan Frizmedia, dalam edisi kali ini kita akan membahas tentang Tizen OS. Apa sih Tizen OS itu? Kawan Update pasti sudah familiar kan dengan yang namanya Android kan? Nah, Tizen OS itu merupakan sebuah sistem operasi yang di besut oleh SAMSUNG dengan tujuan untuk menyaingi Android OS. Tizen OS adalah sebuah sistem operasi open source berbasis kernel Linux dan WebKit runtime. Ini berarti bahwa pengguna dapat memperoleh source code dari Tizen OS. Hal ini memungkinkan pemilik smartphone untuk bermain-main dan mengubah perangkat lunak dari perangkat itu sendiri. Android, Firefox OS dan Ubuntu juga open-source, tidak tertutup seperti sistem operasi mobile Apple, iOS. Tizen OS dikembangkan sejak dua tahun terakhir dan dipersiapkan untuk mengurangi ketergantungan Samsung terhadap Android. Setelah dua tahun dikembangkan, akhirnya kini Samsung telah meluncurkan smartphone pertama yang menggunakan Tizen OS. 
Tizen OS merupakan proyek dalam lingkup Linux Foundation dan diawasi oleh Technical Steering Group yang terdiri dari Intel dan Samsung. Technical Steering Group adalah badan utama pembuat keputusan untuk proyek open source, dengan fokus pada pengembangan dan penyampaian platform, bersama dengan pembentukan kelompok kerja (working group) untuk mendukung perangkat secara vertikal.


Samsung Z1 adalah gadget smartphone ber-OS Tizen pertama yang dilaunching oleh Samsung. Menyasar pasar smartphone low end, Samsung Z1 ini dibekali prosesor dual core 1,2 GHz, RAM seluas 768 MB, ruang penyimpanan 4 GB yang dapat ditambah dengan slot microSD up to 64 GB, kamera belakang 3,1 MP, serta baterai berkapasitas 1.500 mAh.
Bentang layarnya seluas 4 inch dengan resolusi 800 x 480 pixels. Walau menggunakan Tizen, tapi Samsung tetap menggunakan user interface yang sama, yakni Touchwiz sehingga tampilannya mirip dengan ponsel Android miliknya. Begitu pula desain bodinya, tak begitu jauh dari tampilan Samsung Galaxy. Menurut Samsung, keunggulan utama OS ini adalah Tizen membutuhkan kemampuan pemrosesan data dan memori yang lebih kecil dibanding OS lain. Ini artinya dengan konsumsi energi yang lebih irit, perangkatnya tetap bisa mempunyai performa yang kencang.
Dibandingkan dengan Android, jumlah aplikasi yang tersedia di sistem operasi Tizen tentu jauh lebih sedikit. Namun, Samsung Z1 juga bisa menjalankan aplikasi untuk Android. Ini bisa terjadi karena ada sebuah aplikasi bernama Application Compatibility Layer atau ACL buatan OpenMobile, yang membolehkan aplikasi Android bisa berjalan di perangkat non Android. Aplikasi ini sendiri sudah tersedia di app store Tizen. Sayangnya, Smartphone ini masih tersedia di India, Belum ada informasi apakah handset tersebut juga akan menyambangi negara lainnya.

Sumber: diambil dari beberapa sumber di internet.

Back To Top