Saturday, January 31, 2015

Cara Mempercepat Kinerja Android

Frizmedia.com - Hi sobat Friz, kali ini saya akan menjelaskan Cara Mempercepat Kinerja Android. Anda pasti sudah faham mengenai Pengertian Sistem Operasi Android yang dipakai dalam beberapa device handphone anda saat ini. Untuk kelas handphone low end pasti pernah mengalami kinerja handphone menjadi tidak maksimal atau sering kita jumpai kata-kata lemod. 

Sekarang saya akan membagikan beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut sehingga bisa mempercepat kinerja Android handphone Anda. Sebagai awal mungkin Anda bisa membaca artikel tentang Aplikasi Yang Mempengaruhi Kinerja Android, karean disana kita akan bisa menganalisa mengapa HP kita terasa lemod dan dapat mencari solusinya.


Image Credit : Digital Source
Langsung saja kita bahas tips yang saya berikan untuk Cara Mempercepat Kinerja Android kita :
1. Memaksimalkan Kerja RAM
Tidak dipungkiri bahwa besarnya jumlah RAM kita sangat mempengaruhi kinerja HP kita, secara tidak langsung Anda bisa langsung mengecek pada pengaturan aplikasi pada HP anda. Disana pasti terbaca penggunaan RAM pada setiap aplikasi. Dan jangan sampai penggunaan RAM HP Anda melebihi dari 80% dari jumlah RAM anda. Gunakan aplikasi untuk menghentikan program yang bisa secara bersih sehingga bisa melonggarkan RAM HP anda. Banyak aplikasi di Playstore yang menawarkan hal tersebut dan pilih secara cermat tanpa memakan resource RAM anda.

2. Pemakaian Theme (Tema) Yang Tepat
Pemakaian Thema (tema) secara tepat bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap HP Anda. Jangan tergoda dengan tampilan yang terlihat wah tapi membebani kinerja HP anda, usahakan cari theme yang sederhana tapi sangat efektif bagi kegiatan sehari-hari anda. Cari Theme yang besar installernya kecil dan memakan RAM yang minim, mungkin salah contoh yang bisa saya rekomendasikan yaitu Theme Zero. Coba saja cari di Play Store, saya merekomendasikannya karena besar installan file yang sangat kecil dan membutuhkan RAM yang tidak sebegitu besar, selain itu theme ini sudah mempunyai aplikasi default untuk membersihkan RAM. Mungkun Anda punya pilihan lain selain theme yang saya sebutkan tadi.

3. Install Aplikasi Sesuai Kebutuhan
Yang ketiga yaitu pilih aplikasi sesuai kebutuhan Anda, karena semakin banyak aplikasi pada hp kelas low end sangat mempengaruhi kinerja HP kita. Pastikan aplikasi yang Anda install cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dan jangan lupa mematikan autoupdate, notifikasi pada setiap aplikasi untuk mengurangi beban. Hapus beberapa aplikasi bawaan pabrikan HP yang tidak pernah Anda pakai sama sekali dipengaturan aplikasi.

4. Bersihkan Junk & Chace Secara Berkala
Gunakan aplikasi dari Playstore yang bisa memberihkan Junk & Chace seperti Clean Master untuk mempercepat penggunaan Aplikasi sekaligus mengurangi file-file yang memenuhi media penyimpanan HP yang tidak berguna. Penggunaannya harus tepat, setelah memkainya tutup aplikasi tersebut dan jangan sampai aplikasi tersebut berjalan di background (sembunyi) di HP kita dengan menggunakan aplikasi pembersih RAM.

5. Melakukan Update OS (Custom ROM)
Cara yang terakhir mungkin sudah sangat familiar dan bisa menghilangkan garansi HP anda tetapi Anda bisa mengakalinya agar bisa mengklaim garansi tersebut. Melakukan update/upgrade OS yang bukan ofisial dari pabrikan HP anda yang sering disebut dengan Custom ROM. OS ini sangat nyaman sekali karena beberapa fitur yang diberikan sudah menjalani proses percobaan dari pembuat Custom ROM, dari peningkatan kinerja RAM den pemilihan aplikasi yang tepat sesuai denga tipe HP. Banyak sekali blog maupun forum yang menshare Custom ROM, Anda tinggal mencarinya di mesin pencari Google dengan mengetik "Custom ROM + Merk dan tipe HP".

Begitulah beberapa tips yang bisa saya bagi sobat Friz, semoga sangat bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Jangan lupa memberikan informasi ini kepada teman anda yang membutuhkan :)

Baca juga artikel berikut :
Back To Top