Wednesday, August 20, 2014

Sharing Koneksi Internet Pada Android

Frizmedia.com - Bagi pengguna Android mungkin sudah mengerti cara sharing (membagi) koneksi internet. Anda bisa melakukannya dengan tahapan yang sangat sederhana dengan beberapa pengaturan pada setting device Android Anda. Dari OS Android yang terbaru biasanya sudah memberikan 3 fasilitas sharing internet yaitu melalui USB Tethering, WiFi Tethering dan Bluetooth Tethering.
USB Tethering
USB tethering adalah cara termudah dan tercepat untuk berbagi koneksi internet pada ponsel Android. Kali ini saya lebih suka menggunakan USB tethering daripada melalui WiFi atau Bluetooth, karena USB tethering tidak mengkonsumsi baterai ponsel Android saya dan saya dapat menikmati kecepatan penuh koneksi 3G ponsel saya.

USB Tethering
Cara menggunkannya juga cukup mudah dengan mengaktifkan USB Network Sharing menjadi posisi On pada ponsel android Anda dan colokkan kabel USB Anda dari ponsel ke PC.
WiFi Tethering
WiFi tethering merupakan opsi terbaik kedua setelah USB tethering dalam hal kecepatan dan pada konsumsi baterai yang cukup boros. Tapi keuntungan utama dari WiFi tethering yaitu kemampuan untuk berbagi koneksi internet dengan beberapa perangkat pada waktu yang sama.

Wifi Tethering
Cara menggunkannya juga cukup mudah dengan mengaktifkan WLAN hotspot menjadi posisi On pada ponsel android Anda. Setelah itu atur Nama hotspot anda dan password sesuai dengan kebutuhan.

Bluetooth Tethering
Bluetooth tethering merupakan cara sharing internet yang paling lambat dalam hal kecepatan, tapi dalam penggunaan konsumsi baterai lebih sedikit. Anda hanya dapat menghubungkan dengan satu perangkat setiap kali menggunakan Bluetooth tethering. Cara ini sangat berguna ketika berbagi koneksi internet dengan gadget lama, karena kebanyakan dari mereka datang dengan built-in Bluetooth.

Bluetooth Tethering

Cara menggunkannya juga cukup mudah dengan mengaktifkan Bluetooth network sharing menjadi posisi On pada ponsel android Anda. Setelah itu tinggal melakukan searching dan pairing pada menu bluetooth device yang akan Anda hubungkan.

Dari antara metode diatas, USB tethering menyediakan kecepatan internet tercepat, diikuti dengan WiFi dan kemudian dengan Bluetooth. Tetapi sesuai dengan situasi semua bisa sangat berguna. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.
Back To Top