Wednesday, August 20, 2014

Mengatasi Windows Lemot Pada PC

Frizmedia.com - Tidak bisa dipungkiri ketika Anda menyalakan komputer atau laptop biasa mengeluh tentang loading lamanya ( lemot ) ketika masuk ke layar desktop sistem operasi Windows Anda. Coba Anda perhatikan icon tray pada taksbar di pojok kanan bawah sebelah Windows Clock, banyak aplikasi yang di jalankan mulai dari aplikasi bawaan pabrikan, Anti Virus, Messanger maupun aplikasi yang sengaja maupun tidak Anda install pada PC anda.

Komputer Lemot (Google Image)
Nah ini permasalahan yang sangat umum bagi pengguna yang belum faham mengenai Startup pada Windows, ini yang menyebabkan beban pada PC anda dengan pemakaian RAM yang tidak Anda sangka sebelumnya. Untuk mengecek pemakaian RAM pada windows tinggal masuk Task Manager dengan menekan (Ctrl + Alt) terus tekan Delete pada keyboard atau dengan masuk klik kanan Taskbar terus pilih Start Start Manager.
Popup Task Bar 
Sekarang Anda cek pada tab Processes pada tampilan Windows Task Manager dibawah ini, perlu Anda perhatikan tentang Aplikasi yang running di PC Anda.
Image Name : Menampilkan nama aplikasi yang sedang berjalan di Windows
User Name : Menampilkan nama user yang menjalankan aplikasi
CPU : Menampilkan persentase penggunaan prosesor pada tiap aplikasi
Memory : Menampilkan penggunaan RAM pada aplikasi yang berjalan
Descriptions : Penjelasan mengenai aplikasi tersebut

Task Manager
Dari sini Anda bisa memilih aplikasi mana yang akan Anda hentikan dengan memilih aplikasi pada layar task manager dan pilih End Process. Ingat jangan salah pilih aplikasi yang di running oleh user SYSTEM yang akan Anda hentikan karena bisa membuat windows Anda tidak stabil. Pilih aplikasi sesuai dengan user name pada Windows Anda untuk menghindari masalah tersebut.


System Configuration
Nah sekarang bagaimana mengatasi windows lemot pada PC? Tinggal masuk ke System Configuration pada Windows dengan masuk ke run (tekan tombol windows + R pada keyboard) dan tinggal ketik msconfig. Pada tab Startup pilih aplikasi yang anda tidak anda inginkan running saat awal windows startup dengan menghapus centang pada nama aplikasi tersebut. Setelah selesai tinggal restart windows Anda dan rasakan perbedaan sebelumnya. Semoga tutorial ini bermanfaat. :)

Back To Top