Friday, June 13, 2014

Menghapus “Installed by enterprise policy” extension pada Google Chrome

Frizmedia.com - Jika Anda melihat iklan pop-up pada Google Chrome, dan dalam daftar ekstenssion Anda tulisan "Installed by enterprise policy" teks, maka browser Anda terinfeksi dengan program adware. Apa sih adware itu? Perangkat lunak beriklan (adware) adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah jenis perangkat lunak mencurigakan (malicious software/malware) yang menginstalasikan dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna dan menampilkan iklan-iklan ketika pengguna berselancar di Internet. Nah bagaimana cara menghilangkannya pada browser Anda khususnya di Google Chrome.

Sekarang coba cek extension pada Google Chrome anda apakah tampak seperti gambar dibawah ini dengan keterangan “This extension is managed and cannot be removed or disabled“.


Kenapa hal ini bisa masuk ke browser anda, kemungkinan anda mengistall program yang anda dapatkan dari internet dengan developer program yang tidak terpercaya.

Berikut beberapa cara untuk menghilangkan adware tersebut :

Mengahapus secara manual “Installed by enterprise policy” extension dari registry dan komputer

STEP PERTAMA : Uninstall program yang terpasang “Installed by enterprise policy” extension di Google Chrome
  1. Masuk ke Control Panel > Uninstall Program, cek program yang terpasang dikomputer anda apakah muncul aplikasi seperti AlllCheapPeruiCe 5.2, YoubeAdBlocker 1.2, TheBlooccker 1.3, Video Player, Plus-HD 1.3, BetterSurf,CouponMeApp, TubeAdblOCkER, BLoCkTheADApp 3.2, WatchItAdBlocake, Media Player 1.1, Savings Bull, Start Savin, Websteroids, ScorpionSaver, HD-Plus 3.5.

  2. Uninstall program program yang mencurigakan tersebut dari komputer anda.
STEP KEDUA : Cari ID extension di Google Chrome yang tertulis “Installed by enterprise policy” 
  1. Klik menu pada Google Chrome dan pilih Tools > Extensions
  2. Pada tab Extensions , cari Extension ID  “Installed by enterprise policy”, enable  “Developer mode” dengan mencentang box pada gambar berikut.
  3. Dalam kasus ini nama ekstensi berbahaya adalah: YoutubeAdBlocker 1.2 dan mempunyai ID : hfgknhajhghfgnmdbfickicmhnkcce, namun dalam kasus Anda nama dan ID yang terpasang mungkin berbeda.
STEP KETIGA : Hapus ID extension “Installed by enterprise policy” yang anda dapatkan tadi di Registry komputer anda
  1. Masuk pada aplikasi registry windows dengan menekan tombol start dan ketik Regedit.exe



    Cara alternatif anda bisa menekan tombol Windows + R untuk menampilkan jendela Run dan ketikkan Regedit.exe pada jendela Run yang akan menampilkan jendela Windows Registry Editor.
  2. Jendela Registry Editor sekarang terbuka, dan klik pada Edit dan pilih Find paad menu drop down.

  3. Masukkan ID Ektensi yang anda dapatkan tadi.



    Setelah pencarian pada Registry Editor yang menampilkan alamat di HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Google\Chrome\ExtensionInstallForcelist seperti yang terlihat di bawah ini. Klik kanan pada kunci registri (biasanya diwakili oleh angka), dan dari menu pilih Delete.


    Jika ada peringatan yang muncul tekan Yes untuk menghapusnya dan tutup Windows Registry Editor anda.

STEP KEEMPAT : Hapus Folder ID extension “Installed by enterprise policy” pada komputer anda
  1. Buka Google Chrome, ketik di (Address Bar) ke chrome://policy/, kemudian klik Show Value pada tab Policy Value.



    Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar tersebut ada alamat di komputer Anda menunjuk ke sebuah file update ekstensi. Hal ini sangat penting menemukan folder dengan ID ekstensi yang tidak diinginkan dan menghapusnya atau anda uninstall.


    Pada kasus ini “Installed by enterprise policy”  folder folder berbahaya berasa di C:/ProgramData/YoutubeAdblocker, dan ini mungkin berbeda dari yang anda dapatkan.



    Jika anda tidak mendapatkan folder tersebut, biasanya folder disetting hidden oleh program itu sendiri. Anda bisa melihatnya dengan mengaktifkan Show hidden files, folders and drives pada Folder and Search Options.


  2. Ekstensi file yang tidak diinginkan yang tersimpan dalam folder ekstensi standar Chrome juga. Anda harus menghapus direktori yang sesuai dengan mencatat ID tado. Jika Anda menggunakan Windows Vista, Windows 7 atau Windows 8, cari di %LOCALAPPDATA%\Google\Chrome\User Data\Default\Extensions .
    Contoh : C:\Users\Username-Anda\AppData\Local\GOOGLE\CHROME\USER DATA\DEFAULT\Extensions) .
    Atau jika Anda menggunakan Windows XP bisa mencari di : % USERPROFILE%\Local Settings\Application Data\Google\Chrome\User Data\default\ Extension.
  3. Kemudian, cari folder yang memiliki ID yang dari "Dipasang oleh kebijakan perusahaan" ekstensi berbahaya, kemudian klik-kanan dan pilih Hapus.

  4. Terakhir , buka  %windir%\system32\GroupPolicy\ (Contoh : C:\Windows\system32\GroupPolicy), dan delete folder Machine and User.


STEP KELIMA : Scan komputer anda dari Malware dengan  Malwarebytes Anti-Malware dan HitmanPro yang bisa anda dapatkan secara gratis.



Back To Top