Wednesday, June 18, 2014

Cara backup data anda pada jejaring sosial

Frizmedia.com - Beberapa situs jejaring sosial telah melengkapi layanan mereka berupa backup data yang suatu saat bisa dibutuhkan oleh penggunanya. Meski kemungkinan kehilangan data pada situs tersebut cukup kecil, pengguna bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan lain. Misalnya untuk arsip, apalagi bagi mereka yang telah mem-posting banyak data dan ingin mengumpulkannya kembali. Berikut akan kami tunjukkan cara membackup data pada akun empat jejaring sosial yang cukup populer:
Facebook

Masuk menggunakan akun Facebook kamu, klik ikon ‘gear’ yang terletak pada kanan atas. Pilih Account Settings>General>General Account Settings, klik Download a copy. Selanjutnya klik Download archive, masukkan password, dan kamu tinggal mengikuti panduan yang ada untuk mengunduh data pada akun Facebook. Nantinya Facebook akan mengirim konfirmasi ke email yang telah didaftarkan sebelumnya berupa tautan untuk mengunduh arsip data yang kamu miliki (foto, chat, akun, dan lainnya).
 
 Twitter

Masuk menggunakan akun kamu, klik ikon ‘gear’ yang terdapat pada kanan atas dan klik Settings. Geser ke bawah dan klik Request your archive. Mirip dengan Facebook, kamu harus menunggu beberapa saat dimana Twitter akan mempersiapkan terlebih dahulu arsip data yang kamu miliki. Setelah siap, Twitter akan mengkonfirmasikan melalui email. Selanjutnya tinggal klik tautan yang diberikan untuk mengunduh melalui tombol Go now. Twitter akan memberikan arsip data berekstensi ZIP yang mesti dimekarkan terlebih dahulu. Dan data yang diberikan Twitter berupa file berekstensi HTML dan CSV.
 
 
Google+

Untuk mengunduh data Google+, login menggunakan akun yang dimiliki, klik profile picture di bagian atas kanan dan klik Account. Kamu mempunyai dua pilihan untuk mengunduh data tersebut, secara keseluruhan atau terpisah. Untuk mengunduh seluruh data (Picasa Albums hingga Google Voice), klik tombol Download your data, atau mengunduhnya secara terpisah melalui pilihan yang terdapat di bawahnya. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke Google Takeaway dimana mesti memasukkan kembali password. Kamu bisa memilih Choose services untuk menentukan layanan yang hendak diunduh sesuai pilihan. Namun jika ingin mengunduh seluruhnya klik Download
 
 Instagram

Instagram sendiri tidak menyediakan fasilitas backup data, sehingga kamu mesti melakukannya melalui bantuan situs lain yaitu Instaport. Instaport bisa digunakan untuk mengunduh seluruh akun menjadi file berformat ZIP serta bisa pula untuk memindahkan data ke Facebook atau Flickr. Masuk ke situs Instaport di http://instaport.me/ dan klikSign in with Instagram menggunakan akun Instagram kamu. Klik Authorize untuk lanjut ke halaman berikut. Pilih opsi dari data yang akan diunduh. Setelah menentukan pilihan tersebut klik Start Export. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai dan klik Download only

Sumber: Pcplus
 
Back To Top